Terima kasih telah berkunjung di www.sikilang.blogspot.com

[Backpacker] Cara Murah ke Bali dari Jakarta

Posted by Ray Sikilang 2 komentar
Mau sharing tentang perjalanan backpacker ane dan kawan-kawan mahasiswa dari UNINDRA ke bali pada tanggal 4-10 desember 2010 kemarin. Total biaya untuk PP +/- 250rb, berikut rinciannya :

Berangkat
Tanggal 4 Desember 2010
1. Ane start dari Kalibata tanggal 4 pukul 09.30 pagi WIB. Naik kereta ekonomi-AC ke stasiun kota, tarif kereta Rp 6.000

2. Sampe stasiun kota sekitar jam 10, langsung menuju ke loket beli tiket kereta Gaya Baru Malam harganya Rp 34.000 dengan tujuan stasiun Gubeng-Surabaya, emang sial, gak dapet tiket yang ada nomor tempat duduknya, jadi ane harus rela berdiri sekitar 4 jam, pas sampe cirebon banyak yang turun, jadi bisa duduk.

Yang perlu diingat, untuk kereta Gaya Baru Malam berangkatnya jam 12 siang, klo kelewat, harus tunggu sampe besok, jadi jadwalnya cuma 1 hari itu 1 kereta.
Dari stasiun kota jam 12 siang, sampe stasiun Gubeng-Surabaya jam 6 pagi keesokan harinya, jadi lama perjalanan sekitar 18 jam.

Tanggal 5 Desember 2010

3. Dari Surabaya lanjut lagi ke stasiun banyuwangi naik kereta Sri Tanjung, harga tiket Rp 24.000, kereta berangkat jam 2 siang. Nah berhubung ada waktu sekitar 6 jam untuk nunggu, anda bisa istirahat dulu, bisa mandi dulu di stasiun gubeng, toiletnya bersih kok. Kalau mau jalan-jalan di Surabaya juga bisa, ada wisata Kapal Selam Pasopati, HTMnya cuma Rp 5.000. Mau makan di depan stasiun ada Lontong Balap khas Surabaya, harganya Rp 5.000, enak dan kenyang kok , tapi jangan lupa balik ya ke stasiun tepat waktu, jangan sampe ketinggalan kereta
Kemarin ane keretanya berangkat jam 15.00 WIB, trus sampe banyuwangi sekitar jam 11 malem

4. Sampe banyuwangi, tinggal jalan kaki ke Pelabuhan Ketapang, jaraknya cuma 200meter-an, deket kok. dari situ nyebrang naik Kapal Ferry ke Pelabuhan Gilimanuk harga tiketnya Rp 5.700, ( tapi pas bayar jadinya Rp 6.000 ). Lama penyebrangan sekitar 1 jam, gak lama kok.

5. Sampai Gilimanuk, selamat anda sudah berhasil sampai Pulai Bali
Tinggal naik bus ke Denpasar-Terminal Ubung harganya Rp 25.000, lama perjalanan sekitar 3 jam untuk sampe ke terminal Ubung.
Perlu diingat, bawa KTP, karena pas di Gilimanuk ada pemeriksaan KTP, klo gak ada, gak tau deh bisa masuk bali atau disuruh pulang

6. Sampai Terminal Ubung ane cari ojek motor ke Popies Lane II – Legian Street ( deket sama monumen bom ) jago nawar aja, ane dpt harganya Rp 25.000, Dari situ ane ke penginapan tinggal jalan kaki, penginapan ane di Mekar Sari, deket Adhi Darma Hotel, tarifnya cuma Rp 100.000/malam, No AC, kamar mandi di dalam, tempat bersih.. Nyaman lah.

Jadi total biaya berangkat dari Jakarta sampai Bali
———————————————
Total Rp 120.000

Perjalanan Pulang
gw Pulang tanggal 8 desember. Dari bali-terminal ubung sekitar jam 8 malem ( dari kuta ke terminal ubung gw dianterin sama temen, jadi gak keluar ongkos — thanks to Mas Chris ^_^ )
Nah pas pulang, gw niatnya menggunakan cara yang sama saat berangkat, ternyata gak ada bus kecil yang gw gunakan untuk berangkat, adanya bus besar yang antar provinsi, itu karena di Bali lagi hari Raya Galungan.
Saran gw, cari info tanggal hari-hari besar di Bali, soalnya sewa motor di bali atau bus untuk pulang rada susah

alhasil gw mau gak mau pake bus besar.

Tanggal 8 Desember 2010

1. Cari bus besar yang keluar pulau Bali, rata-rata ke Jember atau Surabaya, trus tawar aja, kemarin gw tawar untuk perjalanan cuma sampe ketapang, gw dapet harganya 40rb, sebenarnya bisa aja nyari lagi, tapi berhubung udah jam 10 malem, dan gw takut ketinggalan kereta, jadi gw ambil aja.. Harga bus Rp 40.000 udah termasuk biaya penyebrangan kapal Ferry dari Gilimanuk ke Ketapang. Karena menggunakan bus besar, ternyata perjalanannya lebih cepat, sekitar 2 jam udah sampe Gilimanuk, trus diem aja gan di bus, mau turun juga gak apa-apa seh.. Kalau gw berhubung perjalanannya malem, jadi simpan energi untuk pagi harinya

Tanggal 9 Desember 2010

2. Sampe ketapang sekitar pukul 2 pagi WIB, trus jalan kaki ke stasiun banyuwangi, pintunya masih tutup, jadi duduk aja di teras stasiunnya, istirahat dulu, inget klo mau tidur gantian sama temen, jangan semuanya tidur, buat jagain barang.. Jam 4 pagi pintu stasiun udah dibuka, gw tidur dulu deh di kursi panjang stasiun. Jam 5 Mandi, trus jam 5.30 pagi ngantri tiket kereta Sri Tanjung jurusan ke Stasiun Gubeng, harga tiket sama kaya waktu berangkat Rp 24.000, dan tidak dapat nomor tempat duduk.. Tapi jangan takut, dari banyuwangi sepi, jadi bisa dapat tempat duduk, trus tidur deh.

Ingat!!! kereta Sri Tanjung berangkat jam 6 Pagi dari Stasiun Banyuwangi, kalau kelewat ya harus tunggu sampe besok
Lama perjalanan sekitar 8 jam.

3. Setelah 8 jam perjalanan dari banyuwangi akhirnya sampe juga di Gubeng itu sekitar jam 14.30 WIB, gw langsung ngacir ke loket tiket, soalnya kereta ekonomi Gaya Baru Malam itu berangkatnya jam 14.30 WIB.. Emang sial, ternyata pas gw sampe Gubeng, kereta Gaya Baru Malam udah berangkat 5 menit yang lalu. Tapi tenang, ada alternatif. Gw pindah stasiun, dari Gubeng ke Stasiun Pasar Turi, Jaraknya cukup jauh, tapi bisa gunakan ojek, kalau kemarin gw naik “taksi” mobil gitu, harganya Rp 50.000, gw bagi 2 sama temen gw, jatuhnya Rp 25.000 per orang, sama aja kalau kita naik ojek, tapi berhubung ujan, jadi gw pilih itu aja.. Kalau nanti kesana rame-rame tinggal bagi rata aja deh tuh..

4. Sampai stasiun Pasar Turi sekitar jam 3 kurang, langsung beli tiket untuk kereta ekonomi Kertajaya jurusan Pasar Turi – Stasiun Senen, harganya lebih mahal dari Gaya Baru Malam.. Harga tiket Kertajaya Rp 43.000, berangkat dari stasiun Pasar Turi jam 15.30. Tapi sampai jakarta jam 6 pagi. Lama waktu perjalanannya lebih cepat dari kereta Gaya Baru Malam.

Nah pas di kereta Kertajaya ini lah yang perjuangannya lebih berat.
Berhubung lagi waktu libur, jadi kereta rame banget, dapat tiket yang tanpa nomor tempat duduk, paling sial, gw bener-bener gak dapat tempat duduk sampe Jakarta , penumpangnya gak ada yang turun, rata-rata turunnya di stasiun Senen. Ya sudah, gw cari lahan aja untuk duduk, nah disini bener-bener berasa backpackerannya

tanggal 10 Desember 2010

5. Akhirnya Pukul 6 Pagi gw turun di stasiun Jatinegara, langsung pulang naik busway.. Alhamdulillah Berangkat-Pulang barang-barang gak ada yang hilang, dan gw baik-baik saja

Resume Biaya Perjalanan Pulang
—————————————–
1. Bus dari Terminal Ubung-Ketapang = Rp 40.000
2. Kereta Sri Tanjung = Rp 24.000
3. “Taksi” Mobil ke Pasar Turi = Rp 50.000 karena berdua jadi cuma Rp 25.000
4. Kereta Kertajaya = Rp 43.000
5. Busway ke Cililtan = Rp 2.000 ( Sebelum jam 7 pagi )